Cireng Cemilan Khas Bandung yang Kaya Rasa

cara membuat cireng tepung kanji

Cireng Cemilan Khas Bandung yang Kaya Rasa - Cireng (Ci = aci, reng = cincang), makanan yang satu ini memang sangat familiar bagi orang yang sering ke Kota Bandung. Cireng merupakan makanan ringan yang terbuat dari campuran tepung kanji dan aci yang dicampur dengan rempah-rempah khas Indonesia. Cireng biasanya dimakan sebagai makanan ringan ataupun sebagai pelengkap makanan ketika sarapan atau makan siang.

 

Cireng adalah makanan sejenis gorengan. Meskipun begitu, cireng terkenal lebih sehat bila dibandingkan dengan makanan sejenis lainnya seperti gorengan yang lain. Hal ini dikarenakan bahan-bahan pembuatan cireng yang terdiri dari tepung kanji, aci, serta bumbu-bumbu yang cocok dan diolah dengan cara digoreng dalam api yang tepat.

 

dan cireng merupakan makanan khas Sunda yang berasal dari Jawa Barat. Makanan ini didirikan pada sekitar tahun 1960. Pada awalnya, cireng hanya dijual oleh para pedagang kaki lima yang berkeliaran di sekitar Bandung. Namun seiring berkembangnya masa, cireng juga dijual di toko-toko kue dan oleh-oleh khas Bandung.

 

saat ini cireng dijual dalam berbagai varian rasa dan bentuk, seperti rasa daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki. Bahkan inovasi tidak hanya secara rasa namun bentuk, contohnya adalah cimol, cilung, dll. Sekarang cireng menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. 

 

Dahulu, cireng umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat cireng di bagian belakang sepedanya. Akan tetapi, kini telah tersedia cireng yang dijual secara daring.

 

Berikut ini adalah resep untuk membuat cireng yang enak dan khas Bandung. Silakan dicoba di rumah ya!

Bahan-bahan:

- 200 gram tepung kanji
- 100 gram aci
- 1 sendok makan kaldu bubuk
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh bawang putih bubuk

 

Cara pembuatan :

1. Campur semua bahan ke dalam satu wadah.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan kalis dan bisa dipulung dengan baik.
3. Ambil adonan secukupnya dan gulunglah adonan hingga memanjang.
4. Potong adonan dengan ukuran 4 cm hingga menjadi beberapa potongan.
5. Goreng adonan dalam minyak yang panas hingga berwarna kecoklatan.
6. Angkat dan tiriskan.
7. Cireng Bandung siap dihidangkan.

 

Itulah resep cireng khas Bandung yang mudah dan simple untuk membuat cireng sendiri di rumah. Dengan membuat cireng sendiri, kita bisa memilih bahan dan kualitas yang lebih baik serta sesuai dengan selera kita. Selamat mencoba!"

LihatTutupKomentar