Jenis Jenis Tanaman Hias Yang Viral di 2020

Tanaman Hias

Jenis Jenis Tanaman Hias Yang Viral di 2020 - Tanaman hias merupakan tanaman yang selalu dicari untuk memperindah pekarangan rumah, menanam tanaman hias di pekarangan rumah bisa menjadi sumber repleksi untuk mata dan bisa juga menyegarkan pikiran kita, ada banyak tanaman yang bisa untuk memperindah pekarangan rumahmu.

 

Keindahan dari sebuah tanaman bisa kita lihat dari beberapa bagian, diantaranya dari bunga, daun, buah, akar, dan juga batangnya. Masing-masing bagian dari tanaman memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya bisa terlihat indah.

 

Secara umum, tanaman hias merupakan tumbuhan yang ditanam untuk menciptakan sebuah keindahan, kecantikan, dan daya tarik bagi mereka yang melihatnya. Biasanya, tumbuhan tersebut akan ditanam di pekarangan rumah, dikantor, ataupun di tempat umum lainnya. Namun, tak ada salahnya juga ditempatkan dalam ruangan dengan menggunakan pot.

 

Sebuah tumbuhan dapat disebut sebagai tanaman hias, tak hanya dilihat dari keindahan bentuk dan warnanya saja, tapi juga dari manfaatnya tanaman hias tersebut. Tanaman hias itu memiliki berbagai macam jenis, bentuk dan warna yang berbeda-beda keindahannya. Dan beberapa di antaranya adalah :


1. Tanaman Aglaonema

Jenis Jenis Tanaman Hias Yang Viral di 2020

Tanaman Aglaonema yang sering kita kenal dengan sebutan sri rezeki, atau chinese evergreen adalah tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies. Habitat asli dari tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada area dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.

 

Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium (Berkayu). Daunnya Menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak. Kini berbagai macam Aglaonema hibrida telah dikembangkan dengan penampilan tanaman yang sangat menarik dengan bermacam-macam warna, bentuk, dan ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies alaminya.


2. Tanaman Monstera

Jenis Jenis Tanaman Hias Yang Viral di 2020

Tanaman hias Monstera atau yang lebih dikenal sebagai tanaman janda bolong ini merupakan tanaman tropis dari famili Araceae yang terdiri dari puluhan varietas. Dari puluhan varietas tersebut, monstera menjadi satu jenis tanaman yang paling sering dibudidayakan.

 

tanaman yang berasal dari hutan tropis Amerika ini memiliki bentuk daun yang khas dengan warna hijau tua. Bentuknya yang estetik membuat tanaman ini cocok digunakan sebagai pemanis dekorasi ruangan.

 

Monstera sendiri terbagi ke dalam tiga jenis. Yang pertama adalah Monstera deliciosa borsigiana yang memiliki ciri khas postur tanaman lebih kecil dan mudah tumbuh dengan cepat. Monstera yang satu ini tentunya sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki luas rumah terbatas.


3. Tanaman Puring

Jenis Jenis Tanaman Hias Yang Viral di 2020

Puring merupakan Tanaman hias daun dengan nama spesies Codiaeum variegatum, dikenal dengan warna daunnya yang memikat. Tidak hanya terdiri dari satu warna, daun tanaman puring memperlihatkan perpaduan beberapa warna yang dinamis. Hal ini menjadi karakter khas dari tanaman puring, daunnya memiliki warna dasar yang dihiasi dengan corak yang memiliki warna berbeda di bagian tengah.

 

Umumnya urat-urat yang terdapat pada daun tanaman puring memancarkan warna-warna yang lebih cerah daripada warna di pinggir-pinggir daun. Variasi warnanya begitu beragam mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu serta campuran dari warna-warna ini. Semakin bertambah tua umurnya, warna daun tanaman hias ini berubah semakin pekat.


4. Tanaman walisongo

Tanaman Walisongo adalah salah satu tanaman hias yang cantik yang dapat menetralkan polusi udara di dalam ruangan.

 

Tanaman walisongo memiliki warna daun yang unik, yaitu perpaduan hijau dan putih kekuningan, dengan bentuk menjari. tanaman ini sendiri kerap kali dijadikan pajangan di dalam ruangan. Harga tanaman walisongo bisa dibilang cukup mahal.

 

Jadi, daripada membeli, lebih baik kamu mencoba menanamnya sendiri. Ada 3 metode untuk menanam tanaman walisongo, yaitu stek, cangkok, dan menyebarkan biji. teknik termudah adalah melalui stek pucuk dan anakan karena tanaman dihasilkan cenderung lebih baik jika dibandingkan metode lainnya.


5. Tanaman Kuping gajah

Tanaman kuping gajah (Anthurium crystallinum) tanaman yang besar berbentuk hati, tanaman ini termasuk dalam kelompok araceae. Dan tanaman kuping gajah memiliki warna daun hijau tua dan memiliki batang berwarna putih ke hijau-hijauan.

 

Tanaman kuping gajah memiliki batang yang berdiri tegak tingginya mencapai 25-30cm, daunnya tunggal dan daunnya sekitar 15-20cm memiliki bentuk bunga majemok, berkelopak bulat. Dan tanaman ini cocok di tempat yang teduh tidak terkena cahaya matahari langsung.


6. Tanaman Suplir

Tanaman suplir merupakan tanaman tumbuhan paku yang bagus untuk penghias ruangan tanaman ini tergolong dalam jenis tanaman anaksuku vittarioideae. Tanaman suplir ini memiliki penampilan ental yang khas, membuat tanaman ini mudah dibedakan dari jenis tanaman paku-pakuan lainnya.

 

Tumbuhan suplir memiliki akar serabut dan tumbuh dari rimpang. Karnya mencari hara dari humus dan terkadang cukup dalam menembus tebing atau tembok, helai daunnya yang khas berbeda dari yang lain dengan variasi membulat, segitiga, atau segiempat. Daunnya ini tidak dapat dibasahi air karena di permukaannya tertutupi rambut-rambut halus.

 

Banyak sekali variasi warna yang bisa ditemukan dari tanaman ini, seperti hijau, kuning, merah, ungu, serta campuran dari warna-warna tersebut. Keunikan dari dari ini adalah semakin tua, warna daun dari tanaman ini akan berubah semakin pekat.


7. Tanaman Kaktus

Kaktus merupakan nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Tanaman kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Tanaman ini biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering seperti gurun pasir yang sulit terdapat sumber air.

 

Kata jamak untuk tanaman kaktus yaitu kakti. Tanaman kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya.

 

Tanaman yang satu ini juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun, Oleh sebab itu, tanaman kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.


8. Tanaman keladi

Tanaman Keladi adalah sekelompok tumbuhan dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Dalam bahasa sehari-hari keladi kerap juga dipakai untuk menyebut beberapa tumbuhan lain yang masih sekerabat namun tidak termasuk Caladium, seperti talas (Colocasia). Keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Asal tumbuhan ini dari hutan Brazil namun sekarang tersebar ke berbagai penjuru dunia.

 

ciri yang paling khas dari keladi adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati/jantung. Daunnya biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih daripada 1m. Beberapa jenis dan hibridanya dipakai sebagai tanaman hias pekarangan.


9. Tanaman Kadaka

tanaman kadaka - Kadaka merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati. Sebagian orang biasa menyebut tanaman ini sebagai tanaman pakis sarang burung. Sedangkan nama ilmiahnya adalah Aspienum scorpio. Ciri khas atau keunikan tanaman ini adalah bulu – bulu halus dan juga gerigi pada bagian daunnya. Uniknya, tanaman ini juga mudah beradaptasi dengan berbagai jenis lingkungan.

 

Salah satu alasan banyak orang yang menyukai tanaman kadaka adalah karena perawatannya yang mudah. Selain itu, Anda juga bisa memperbanyaknya dengan mudah. Bagian pucuk batang tanaman ini memiliki tunas baru yang sangat halus seperti bulu.


10. Tanaman Lidah mertua

Tanaman Sansevieria atau lidah mertua adalah tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.

 

Sanseviera dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Sanseviera tak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian. Di Jepang, Sanseviera digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.

 

Warna daun Sansevieria beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.


11. Tanaman Heliconia /Pisang pisangan

Tanaman Heliconia atau bunga pisang-pisangan adalah jenis tanaman hias khas tropis, sering disebut sebagai pisang hias, termasuk golongan Musaceae yang mirip dengan keluarga Strelitzia berasal dari Amerika Latin, tetapi Heliconia memiliki tiga buah atau lebih seludang sedang Strelitza hanya dua buah.

 

Heliconia sering digunakan sebagai penghias taman di rumah, perkantoran, hotel, sampai pelengkap rangkaian bunga. Bunga Heliconia dipotong pada saat bunga belum sepenuhnya mekar.

 

Ada beberapa jenis Heliconia diantaranya Heliconia Densiflora adalah bunga pisang-pisangan yang bentuk bunganya seperti cakar kepiting dan berwarna jingga kekuningan dan mudah didapat, berikutnya Heliconia Rostrata adalah bunga pisang-pisangan yang bunganya merah dan kuning serta muncul menggantung seperti buah pisang.

 

Heliconia juga merupakan tanaman yang tidak rewel, cocok ditanam dalam pot maupun tanah, baik indoor maupun outdoor. Ia bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut dengan suhu 13-30 derajat celcius. Sebagai tumbuhan khas tropis, Heliconia mudah tumbuh jika langsung terkena sinar matahari.

 

Pengaturan cahaya sangat diperlukan, terutama bibit yang baru ditanam. Tanaman muda hanya memerlukan cahaya sekitar 25-35 persen. Pada fase ini tanaman membutuhkan naungan sehingga kondisinya terlihat segar.


12. Tanaman Philodendron Martianum

Tanaman Philodendron adalah besar genus dari tanaman berbunga dalam keluarga Araceae . genus ini adalah anggota terbesar kedua dari famili Araceae. Secara taksonomi, genus Philodendron masih kurang dikenal, dengan banyak spesies yang belum terdeskripsikan.

 

Banyak ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman dalam ruangan. Nama ini berasal darikata Yunani philo-atau "cinta, kasih sayang" dan dendron atau "pohon". Nama generik, Philodendron sering digunakan sebagai nama Inggris, "philodendron".

 

Tanaman Philodendron hijau tua ini memiliki daun dengan lebar enam hingga delapan inci yang panjangnya 18 inci philodendron sangat cocok digunakan sebagai aksen atau spesimen penanaman atau secara massal sebagai penutup tanah atau semak rendah.

 

Akan sulit menemukan tanaman kecil dengan tekstur yang lebih kasar. Tanam di pusat setinggi tiga hingga empat kaki dalam penanaman massal untuk membuat penutup tanah yang kokoh, hijau tua, setinggi dua kaki, atau sebagai spesimen tunggal di taman skala kecil.


13. Tanaman Anggrek

Suku anggrek-anggrekan (bahasa Latin: Orchidaceae) merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika.

 

Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organnya yang cenderung tebal dan "berdaging" (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air. Anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembap.


14. Tanaman Dischidia Nummularia Variegeta

Tanaman ini Memiliki daun yang kecil dan bulat, menjadikan tanaman hias gantung ini sangat cantik dan estetik, jika di taruh di dalam rumah. Selain itu, meski tanaman ini mudah perawatannya, kamu juga tidak boleh menyepelekannya.

 

Sesekali jemur tanaman ini agar mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tidak lupa untuk rutin disiram, dan setelah itu, bisa dipajang di dalam rumah kembali.


15. Tanaman Lili paris

 Lili paris atau Chlorophytum comosum adalah tanaman daun yang memiliki bentuk sederhana tetapi sangat disukai oleh banyak orang. karena bentuk daunnya yang memanjang kecil dengan tepi berwarna putih dan ruas hijau tua, tanaman ini juga sering disebut sebagai bulu ayam.

 

Tanaman Chlorophytum comosum adalah spesies tanaman berbunga abadi. Ini asli Afrika tropis dan selatan, tetapi telah dinaturalisasi di bagian lain dunia, termasuk Australia barat. Chlorophytum comosum mudah ditanam sebagai tanaman hias; bentuk beranekanya ragam.


16. Cemara lilin

Tanaman Cupressus Sempervirens atau yang sering disebut Cemara Lilin, mengapa demikian karena bentuk pohon ini memang indah menjulang tinggi dan berbentuk seperti Lilin. Dari berbagai macam jenis Cemara, Cemara Lilin ini tak jarang memiliki banyak peminat dan sebagian besar para pecinta cemara Lilin memanfaatkan sebagai penghias pohon natal.

 

Setelah diteliti ternyata Akar Cemara LiLin merupakan akar tunggang, disebabkan Karena tumbuhan cemara ini termasuk tumbuhan dikotil sekaligus Gymnospermae. Yaitu sistem akar yang terdiri akar primer / utama dan terlihat jelas membentuk akar lateral yang relatif lebih kecil. Akar cemara biasanya bersimbiosa dengan bakteri pengikat nitrogen.


17. Tanaman Tradescantia

Tanaman Tradescantia adalah salah satu tanaman hias termudah untuk tumbuh. (Hampir terlalu mudah untuk tumbuh sebagai tanaman kebun di dalam zona tahan bantingnya di mana terkadang dianggap invasif). Aspek tersulit dalam menumbuhkan tanaman Tradescantia sebagai tanaman hias adalah mencapai tingkat kelembapan yang tepat. Tumbuhan ini menyukai tanah yang lembab tetapi tidak suka basah.

 

Pastikan untuk menanamnya di tanah pot yang dikeringkan dengan baik karena akarnya dapat dengan mudah membusuk jika terlalu basah. Mencampur sedikit pasir ke dalam pot tanah komersial yang memiliki banyak bahan organik merupakan solusi yang baik.

 

Tanaman Tradescantia paling cocok untuk wadah gantung, dan membutuhkan lokasi dengan banyak cahaya alami tidak langsung. Tanaman ini bisa menjadi berkaki panjang dan kurus dengan bagian besar dari batang telanjang kecuali jika dicubit kembali secara teratur untuk menjaganya tetap lebat. Mereka tidak membutuhkan banyak makanan.

 

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari Haurkoneng.eu.org hanya di Google News atau klik di sini.

 

Demikian sedikit pembahasan mengenai Tanaman hias yang rekomended untuk ditanam di pekarangan rumahmu. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk teman teman yang punya hobi menanam tanaman hias dirumah.


LihatTutupKomentar