50 Jenis Makanan Tradisional Khas Jawa Barat

50 Jenis Makanan Tradisional Khas Jawa Barat
 

50 Jenis Makanan Tradisional Khas Jawa Barat - Banyak makanan enak dan nikmat dari Jawa Barat. Macam-macam Makanan Tradisional Khas Jawa Barat. Masing-masing daerah memiliki keunggulannya sendiri dan memiliki tempat di hati para penikmatnya.


Berikut ini adalah daftar makanan khas Jawa Barat yang wajib kamu coba jika kamu berkesempatan untuk datang ke Jawa Barat.


1. Siomay

Sobat sekalian pasti tahu dong makanan ini. Makanan yang sudah dikenal masyarakat Indonesia ini ternyata merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat loh. Lebih tepatnya dari kota Bandung. Siomay merupakan salah satu makanan yang terbuat dari tepung tapioka.


Sekarang ini, siomay memiliki banyak varian, mulai dari siomay ayam, ikan, hingga daging. Tak jarang siomay juga disajikan bersamaan dengan tahu, kol, kentang, telur, hingga pare. Satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat mencicipi makanan ini adalah sambal kacangnya.


Beberapa tempat terkadang hanya menjajakan makanan ini berdampingan dengan saus sambal biasa dan kecap. Namun, makanan ini tetap layak mendapatkan predikat worth to buy karena harganya yang murah meriah dan rasanya yang enak.


2. Seblak

Siapakah yang tidak mengenal dengan makanan populer yang satu ini? Seblak akhir-akhir ini cukup populer di kalangan masyarakat, khususnya anak muda. Makanan yang identik dengan rasa pedas dan aroma kencur ini menawarkan berbagai isian di dalamnya.


Mulai dari kerupuk, sayuran, sosis, ceker, bakso, dan beberapa toping lainnya. Seblak dapat menjadi salah satu opsi terbaik yang wajib dicoba ketika sobat berkunjung ke Jawa Barat. Nah siapa nih yang cinta banget sama makanan ini?


3. Batagor

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Makanan ini dikenal lezat dan menggoda bagi pecinta sambal kacang. Selain karena harganya yang ramah di kantong, rasanya yang gurih berbalur dengan sambal kacang akan membuat siapa saja ketagihan.


Berbeda dengan siomay, batagor biasanya dibuat dengan tepung yang dicampur dengan tahu kemudian digoreng. Makanan ini cocok nih buat teman ngopi dan ngobrol bareng.


4. Cireng

Makanan yang selanjutnya adalah cireng. Sesuai namanya, cireng merupakan singkatan dari aci goreng. Makanan ini terbuat dari adonan tepung kanji atau tapioka yang sudah dicampur dengan beberapa bumbu seperti bawang putih dan kaldu bubuk.


Tekstur yang kenyal cocok dijadikan sebagai camilan di waktu senggang. Makanan ini biasanya disajikan dengan sambal rujak.


5. Empal Gentong

Empal Gentong merupakan makanan yang berasal dari Cirebon. Sekilas makanan ini mirip dengan gulai pada umumnya, yang membuat sedikit berbeda adalah empal gentong disajikan menggunakan daging dan jeroan sapi. Makanan ini memiliki citarasa gurih dengan kuah santannya yang kental.


Sesuai dengan namanya, makanan ini dimasak dengan menggunakan kayu bakar dan gentong (sebuah wadah yang terbuat dari tanah liat). Cocok banget nih untuk disajikan dengan nasi hangat.


6. Karedok

Satu lagi makanan yang disajikan dengan sambal kacang. Makanan yang satu ini bernama karedok. Karedok terbuat dari sayuran-sayuran mentah seperti tauge, mentimun, kol, kacang panjang, terong, daun kemangi, dll.


Makanan ini mirip dengan lotek ataupun gado-gado. Bedanya, lotek disajikan dengan menggunakan sayuran yang sudah direbus, sedangkan karedok disajikan dengan sayuran yang masih mentah. Keduanya sama-sama dibaluri sambal kacang yang membuat rasa makanan ini semakin nikmat. Bagaimana sobat, sudah pernah mencoba karedok?


7. Surabi

Surabi atau dikenal dengan nama serabi adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari adonan tepung beras. Surabi dimasak dalam tungku dari tanah liat dengan menggunakan kayu bakar. Hal ini membuat citarasa unik dan khas pada makanan yang satu ini. 


Biasanya, makanan ini disajikan dengan saus gula untuk sarapan. Seiring berkembangnya zaman, kini sudah terdapat variasi surabi dengan berbagai toping seperti cokelat, keju, selai kacang, selai strawberi, dll.


8. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah makanan yang terbuat dari tahu kopong (seperti tahu sumedang) yang dipotong kecil-kecil kemudian dimakan dengan sambal gejrot. Sambal ini terbuat dari cabai, bawang putih, dan garam. 


Kemudian akan disiram dengan saus yang terbuat dari campuran kecap dan gula. Biasanya pembeli bisa meminta penjual berapa jumlah cabai yang diinginkan. Makanan ini bisa dinikmati sebagai kudapan yang murah dan enak.


9. Peuyeum

Salah satu makanan yang sangat populer dari Sunda tidak lain adalah Peuyeum. Makanan ini bisa juga disebut tape karena merupakan hasil fermentasi. Namun, berbeda dengan tape singkong pada umumnya, Peuyeum memiliki tekstur yang lebih keras karena masih berupa singkong utuh. Sedangkan tape singkong pada umumnya sudah dipotong-potong dan memiliki tekstur yang lebih cair.


Peuyeum memiliki masa simpan yang lebih lama dibandingkan tape biasa. Makanan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Jawa Barat. Selain karena harganya yang murah, makanan ini juga bisa ditemukan dengan mudah. 


10. Mie Kocok

Beralih ke olahan mie, ternyata Sunda juga memiliki satu makanan khas yang berupa mie. Makanan ini dikenal dengan nama mie kocok. Makanan ini berbeda dengan mie pada umumnya. Mie kocok terbuat dari mie kuning dengan kaldu sapi.


Terdapat beberapa toping seperti tauge, kikil, bakso, dsb. Yang membuat unik dari mie ini adalah cara memasaknya yang dikocok di tempat khusus, yaitu dengan mencelupkan ke air mendidih berulang kali hingga mie matang. Makanan ini bisa dijumpai di daerah Bandung dan sekitarnya.


11. Tahu Sumedang

Bagi pecinta tahu, pasti sudah kenal dong dengan tahu yang satu ini. Yup, tahu Sumedang. Seperti namanya, tahu ini berasal dari Sumedang, Jawa Barat. Makanan yang biasa dijajakan dengan cara dipanggul ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat. 


Tahu sumedang adalah jenis tahu kopong. Paling cocok nih kalau dimakan dengan cabai rawit mentah atau sambal.


12. Nasi Lengko

Nasi lengko atau sering juga disebut sego lengko (bahasa jawa) merupakan nasi yang dipadukan dengan berbagai isian sayur seperti kucai, mentimun, dan tauge. Tambahan gorengan dan saus kacang di atasnya akan membuat lidah pecinta kuliner merasa ketagihan. 


Selain di Jawa Barat, Nasi lengko juga dapat ditemukan di sepanjang pesisir utara pulau Jawa seperti daerah Brebes.


13. Tapai Ketan

Sobat kuliner yang akan bertandang ke Kuningan, jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini. Tapai ketan, yup satu lagi olahan yang dibuat dengan cara fermentasi. Makanan yang berasal dari daerah Kuningan ini dibuat dengan menggunakan ketan hitam maupun putih.

Proses fermentasi biasa dilakukan selama tiga sampai tujuh hari. Tapai ketan biasa dibungkus dengan daun pisang. Rasanya yang nikmat bisa membuat sobat sekalian ketagihan nih.


14. Tahu Kuningan

Selain tapai ketan, terdapat sebuah makanan khas di daerah Kuningan yaitu Tahu Kuningan. Tahu ini memiliki warna kuning dan rasa yang gurih asin. Berbeda dengan Tahu Sumedang, Tahu Kuningan merupakan tahu yang padat dan tidak kopong. Cocok untuk dijadikan lauk atau camilan biasa.


15. Nasi Jamblang Daun Jati

Nasi jamblang sebenarnya masih sama dengan nasi pada umumnya, yang membuat unik adalah sejarahnya. Dulu warga jamblang di masa Belanda sering membuat nasi bungkus dengan daun jati. Hal ini dikarenakan ada pembangunan jalan Anyer-Panarukan.

Dulunya, nasi ini hanya disajikan dengan lauk sederhana seperti tahu dan tempe. Namun sekarang ini sudah ada puluhan sajian lauk yang ada di dalamnya. Bagaimana, sobat tertarik mencicipi makanan ini?


16. Lepet Kuningan

Makanan berbungkus daun kelapa ini bernama lepet. Umumnya lepet memiliki rasa yang gurih dari perpaduan ketan dan kacang. Sobat kuliner yang ingin mencicipi kue ini bisa berkunjung ke daerah di Jawa Barat. Makanan ini cocok untuk dijadikan buah tangan bagi sobat sekalian.


17. Dodol Garut

Makanan sejuta umat ini, tampaknya tidak bisa absen untuk selalu diulas. Makanan yang sudah menjadi ikon penting kota Garut ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

Dodol Garut terbuat dari adonan tepung ketan, kelapa, dan gula yang dimasak selama berjam-jam. Dodol garut dapat dengan mudah dijumpai di toko oleh-oleh yang ada di Jawa Barat. Siapa nih yang sudah pernah nyoba kelezatan makanan  yang satu ini?


18. Dorokdok

Selain dodol, Garut juga memiliki olahan yang cukup menarik nih. Yup, dorokdok. Mungkin makanan ini tidak sepopuler dodol, akan tetapi makanan ini juga patut dicoba loh. Dorokdok merupakan kerupuk yang dibuat dari kulit sapi atau kerbau. Rasa gurih dari kulit sapi dan kerbau ini cocok dijadikan untuk teman makan nasi yang berkuah. Sobat bisa dengan mudah mendapatkan makanan ini ketika berkunjung di kota Garut.


19.  Chocodot

Bagi pecinta kuliner manis, chocodot dapat menjadi salah satu opsi yang paling tepat. Chocodot sebenarnya adalah kombinasi dodol dan juga coklat. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan manis. Mirip seperti dodol. Awalnya chocodot adalah sebuah kombinasi makanan yang tidak sengaja ditemukan. Karena rasanya yang enak, makanan ini cocok jadi opsi yang pas buat dibawa untuk oleh-oleh.


20.  Doclang

Doclang adalah makanan yang terdiri dari ketupat, tahu, telur, kentang kemudian dibalur dengan bumbu kacang di atasnya. Sekilas, makanan ini mirip dengan ketoprak dari Jakarta ataupun kupat tahu dari Bandung. Yang menjadi pembeda adalah keberadaan kentang di dalamnya. Sobat yang lagi laper bisa nih nyobain makanan yang satu ini. Dijamin bikin nikmat dan bikin nagih deh.


21. Asinan Bogor

Berbicara makanan di daerah yang satu ini, yang pertama terlintas pastilah asinan bogor. Makanan ini dibuat dari buah-buahan seperti nanas, bengkuang, salak, jambu, dan sayuran seperti kol dan tauge. Buah dan sayur tersebut kemudian dipotong kecil-kecil dan dicampurkan dengan saus yang terbuat dari cabai, cuka, gula, dan air. 


Kuah yang pedas bercampur dengan asam manis buah dan sayuran menghasilkan rasa yang segar dan nikmat. Sobat wajib banget nih cobain makanan ini kalau lagi jalan-jalan di Bogor.


22. Combro

Kulineran di Sunda akan lebih lengkap jika mencoba makanan yang satu ini. Combro adalah salah satu makanan khas Jawa Barat. Terbuat dari singkong parut yang dibentuk bulat kemudian dimasukkan oncom di dalamnya. Setelah itu, combro bisa digoreng dan dihidangkan dengan sambal. Rasanya yang enak dan gurih akan membuat lidah sobat ketagihan.


23. Rujak Kangkung

Makanan unik yang satu ini datang dari golongan sayur hijau. Apabila biasanya rujak dibuat dengan buah-buahan, berbeda dengan daerah Jawa Barat yang menghadirkan rujak dengan bahan utama kangkung. Sambal rujak yang terbuat dari asam jawa berpadu dengan kangkung yang agak pahit memberikan rasa nikmat yang bisa sobat coba.


24. Lotek

Lotek adalah satu dari sekian banyak makanan khas Jawa Barat yang menggunakan bumbu kacang. Lotek terbuat dari berbagai macam sayuran segar yang sudah direbus kemudian disiram dengan bumbu kacang yang pedas gurih. Bahan sambal kacang ini biasa dicampurkan dengan terasi, tempe, bawang putih, dan gula merah.


Lotek di Jawa Barat memiliki citarasa yang cenderung lebih manis dibanding lotek pada daerah lain. Gimana sobat, udah pernah nyobain lotek?


25. Lontong Kari

Makanan khas Jawa Barat ini biasa disebut lontong kari. Apabila biasanya lontong disajikan dengan bumbu kacang, lain halnya di Jawa Barat. Lontong di sini disajikan bersamaan dengan kuah kari yang kental dan gurih. Hal inilah yang menjadi pembeda dari lontong-lontong yang lain.


Dalam satu porsi lontong kari, sudah lengkap disajikan bersama dengan telur, bawang goreng, dan kacang kedelai goreng. Untuk menambah rasa nikmat, sobat bisa juga menyantap makanan ini bersama dengan kerupuk.


26. Soto Kuning

Berbicara soto, tampaknya hampir setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Nah di Jawa Barat sendiri ada sebuah soto yang dikenal dengan nama soto kuning. Seperti namanya, soto ini memiliki kuah yang berwarna kuning karena penggunaan kunyit. Aroma yang menggoda dari soto ini sangat cocok untuk menemani makan siang sobat.


Disajikan dengan berbagai pilihan daging, mulai dari ayam hingga sapi, atau juga babat. Kuah gurih dari soto ini rela membuat pengunjung antre demi bisa menikmati makanan yang satu ini.


27. Sate Maranggi

Sate merupakan salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal di nusantara. Di Jawa Barat, terdapat satu sate yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu sate maranggi. Sate maranggi biasa dibuat dengan daging sapi yang kemudian dibumbui dengan kecap manis dan ketan bakar yang gurih. Makanan yang ditusuk ini juga terkenal cukup pedas. Cocok nih bagi sobat penggila sate.


28. Cuanki

Berbicara dunia perbaksoan, sobat pasti sudah tahu dong makanan yang satu ini. Yup, cuanki. Makanan khas orang sunda ini dikenal berasal dari kota Bandung. Cuanki merupakan makanan semacam siomay atau tahu bakso kering. 


Makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan, daging sapi, tepung tapioka, dan beberapa bumbu penyedap ini cocok disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Caunki sering dihidangkan bersamaan dengan bakso, siomay kukus, tahu, dan taburan bawang goreng, serta daun seledri.


29. Ayam Bakakak

Ayam Bakakak merupakan salah satu masakan unggulan di daerah Sunda. Makanan ini tidak pernah absen untuk acara hajatan seperti perkawinan, sunatan, syukuran, dll. Ayam Bakakak dibuat dengan bumbu khas sunda, kemudian dipanggang. Jadi, ayam ini tidak digoreng ya sobat kuliner. Jadi penasaran gimana enaknya ayam ini.


30. Nasi Tutug Oncom

Seperti namanya, Nasi Tutug Oncom adalah nasi yang terbuat dari dua bahan utama, yaitu nasi dan oncom. Kedua bahan tersebut disatukan dengan cara ditumbuk (tutug). Tapi sebelumnya harus dibakar atau digoreng dulu agar mengeluarkan aroma yang sedap.


Nasi tutug oncom sering juga disebut nasi TO. Makanan khas Tasikmalaya ini sebenarnya sudah enak jika dimakan tanpa lauk.


31. Nasi Timbel

Masih di jajaran makanan berat, sobat kuliner wajib nih nyoba kuliner nasi timbel. Nasi yang dibungkus dengan daun pisang ini disajikan dengan beberapa lauk seperti ikan asin, ikan asap, empal, ayam goreng, dsb. Satu hal lagi yang tidak boleh terlewat ketika sobat mencicipi nasi timbel adalah lalapan dan sambalnya. 


32. Ubi Celembu

Salah satu umbi-umbian yang paling terkenal di daerah Jawa Barat adalah ubi cilembu. Ubi ini merupakan salah satu jenis ubi jalar yang memiliki ciri khas rasa yang manis seperti madu. Karena rasanya itulah, maka ubi ini sangat cocok untuk dijadikan santapan bagi sobat sekalian.


Secara umum, proses pengolahan ubi ini adalah dengan cara dibakar. Hal ini dikarenakan apabila digoreng atau direbus, maka kandungan rasa manis seperti madu di dalamnya akan hilang. Sobat foodies bisa menjumpai ubi manis ini di daerah Jawa Barat dengan mudah.


33. Kupat Tahu

Bagi sobat yang lapar dan ingin makan siang, bisa nih cobain kupat tahu khas Jawa Barat. Makanan ini cocok disantap untuk mengisi perut yang keroncongan. Kupat  biasa disajikan dengan potongan tahu goreng, tauge, dan disiram dengan sambal kacang. 


Tekstur yang lembut bercampur dengan enaknya sambal kacang sangat nikmat untuk dinikmati kapan saja. Bisa jadi list makanan favorit nih.


34. Empal Gepuk

Makanan yang terbuat dari daging sapi ini merupakan makanan yang cocok dijadikan lauk makan. Empal dimasak dengan cara digoreng bersama dengan kelapa. Hal ini bisa menambah rasa gurih yang lezat. Cocok juga jika sobat ingin menikmati hidangan ini dengan nasi hangat.


35. Cimol

Salah satu olahan aci khas Bandung adalah cimol. Cimol merupakan singkatan dari aci digemol. Cimol terbuat dari tepung kanji dan di beberapa tempat dicampurkan dengan irisan daun bawang. Makanan ringan yang satu ini sangat familiar di kalangan pecinta street food/ makanan pinggir jalan. 


Harganya yang murah meriah membuat siapa saja dapat dengan mudah menikmati makanan yang satu ini. Cimol biasa disajikan dengan bumbu bubuk pedas dan manis. Rasanya yang enak sangat cocok dinikmati sebagai camilan di sore hari.


36. Soto Bandung

Jika sobat mencari makanan yang berkuah, soto bandung bisa menjadi opsi yang tepat. Makanan khas Bandung ini memiliki cita rasa yang akan memanjakan lidah sobat. Kuahnya yang tidak terlalu kental cocok dimakan sobat untuk sarapan. Soto bandung biasanya disajikan dengan daging sapi dan kedelai goreng. Hal ini yang membedakan makanan khas sunda yang satu ini dengan soto yang lain.


37. Kue Gemblong

Salah satu kue khas dari Sunda yang patut diburu sobat adalah kue gemblong. Makanan ini terbuat dari ketan yang dicampurkan dengan kelapa dan dilapisi dengan cairan karamel. Kue sunda yang satu ini bisa dijadikan buah tangan bagi sobat yang berkunjung ke Puncak. 


Cita rasa manis dari kue yang satu ini berasal dari penggunaan gula aren. Di daerah lain seperti Jawa Timur, kue seperti ini dikenal dengan nama getas.


 38. Kue Cucur

Kue cucur merupakan salah satu makanan khas sunda dan betawi. Kue ini dapat sobat jumpai di beberapa daerah di bagian barat pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jakarta, dan Banten. Kue cucur dibuat dengan menggunakan tepung beras dan tepung terigu kemudian dicampurkan dengan gula jawa.

Warna coklat dari kue ini merupakan hasil dari penggunaan gula tersebut. Kue cucur sering dijumpai ketika ada upacara adat. Kuliner khas jawa barat ini cocok untuk sobat nikmati ketika sore hari dengan teh hangat.


39. Cungkring

Salah satu makanan tradisional khas Jawa Barat ini biasa disebut cungking. Makanan asli Bogor yang satu ini terdiri dari olahan kaki sapi seperti damrat, kulit, dan kikil. Cungkring tergolong salah satu makanan yang sulit ditemukan. Apabila penasaran dengan makanan yang satu ini, sobat bisa berkunjung ke Bogor di jalan Surya Kencana.


40. Ulukutek Leunca

Makanan khas Jawa Barat yang satu ini bernama ulukutek leunca. Salah satu makanan yang berbahan dasar oncom ini menyajikan rasa gurih dan sedikit pedas. Perpaduan leunca di dalamnya juga menambah aroma menjadi lebih sedap. Cocok nih buat sobat yang ingin mampir ke daerah Jawa Barat.


41. Ambokueh

Ambokueh adalah salah satu kuliner asal Bandung. Makanan ini sebenarnya merupakan hasil akulturasi budaya Tiongkok. Ambokueh berisi telur, sosis daging babi, tahu goreng, bawang putih yang disiram dengan kuah dari tepung tapioka. Selain sosis daging babi, makanan ini juga bisa menggunakan sosis daging sapi atau ayam pada umumnya. Bagaimana, sobat tertarik dengan makanan ini?


42. Rujak Cuka

Berbeda dengan rujak pada umumnya, rujak cuka menggunakan kuah yang lebih cair. Makanan khas Jawa Barat ini merupakan olahan sayur dan buah yang memiliki citarasa asam, pedas, dan manis. Kuah asam dari rujak cuka terbuat dari berbagai rempah-rempah. Sobat bisa mencicipi makanan yang satu ini dengan harga yang cukup terjangkau.


43. Colenak

Salah satu olahan legendaris dari Sunda adalah colenak. Colenak merupakan makanan khas Jawa Barat yang berupa peuyeum bakar. Makanan ini biasa dicocol dengan gula jawa cair yang sudah dicampurkan dengan parutan kelapa. Rasanya yang nikmat cocok untuk teman ngeteh sobat.


44. Tahu Susu Lembang

Sobat pecinta tahu tidak boleh melewatkan tahu yang satu ini. Tahu susu lembang adalah tahu yang unik karena memiliki citarasa khas yang gurih dan lembut. Seperti namanya, tahu ini terbuat dari bahan dasar tahu dan susu murni. Bagian dalam tahu yang lebih  padat cocok untuk mengganjal perut sobat ketika lapar. Tekstur yang lembut dan kenyal membuat banyak orang rela berburu tahu ini.


45. Ongol-ongol

Salah satu makanan tradisional khas Jawa Barat ini sudah cukup terkenal. Olahan yang berbahan dasar tepung sagu ini biasa dinamakan ongol-ongol. Makanan ini biasa dibuat dengan tepung sagu, air, gula jawa, dan daun pandan. Saat ini, ongol-ongol sudah memiliki banyak variasi yang tersebar di beberapa daerah. 


46. Jojorong

Makanan khas Jawa Barat selanjutnya adalah jojorong. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung kanji dan tepung beras. Sedangkan untuk isiannya menggunakan gula merah cair. Makanan ini cocok untuk dijadikan kudapatan karena rasanya yang legit dan lezat. Tambahan santan di atasnya turut menambah nikmat makanan yang satu ini. Tekstur basah dan lengket membuat makanan ini hanya bertahan untuk satu hari saja.


47. Angeun Kacang Beureum

Bagi sobat yang gemar dengan kacang dan kuliner berkuah, bisa nih cobain makanan yang satu ini. Makanan khas orang sunda ini dikenal dengan nama angeun kacang beureum. Makanan ini merupakan sayur yang terbuat dari kacang merah dan memiliki rasa asam. 


Orang sunda biasa menyajikan makanan ini berdampingan dengan ikan asin, tempe goreng, dan sambal. Rasa sedap dari perpaduan bahan di dalamnya cocok untuk menemani makan siang sobat.


48. Geco

Geco merupakan singkatan dari tauge dan tauco. Makanan yang berasal dari Cianjur ini terbuat dari tauge yang kemudian disiram dengan tauco. Geco biasa disajikan bersama kupat, tahu, telur, kentang, dan cuka lahang. Makanan ini cocok untuk dijadikan santap siang bagi sobat sekalian.


49. Bapatong

Bapatong alias bakso kupat gentong adalah salah satu makanan khas Bogor, Jawa Barat.. Bapatong disajikan dengan bakso dan kupat yang dipotong dadu. Selain rasanya yang nikmat, sobat kuliner bisa menjajakan makanan ini dengan harga yang ramah di kantong.


50. Opak

Makanan khas Jawa Barat yang terakhir adalah opak. Makanan yang terkenal renyah dan gurih ini terbuat dari tepung beras atau tepung ketan. Adonan tepung yang sudah dicampur dengan air dan bumbu penyedap ini kemudian dipotong tipis-tipis. Makanan ini bisa sobat jadikan sebagai teman makan yang enak.

 

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari Haurkoneng hanya di Google News atau klik di sini.

 

itulah 50 Jenis Makanan Tradisional Khas Jawa Barat yang bisa kamu temukan ketika berkunjung kedaerah jawa barat.


LihatTutupKomentar