7 Jenis Tanaman Kaktus Hias yang Cantik dan Cocok ditanam di Rumah

Kaktus merupakan tanaman hias berduri yang memiliki nama latin Cactaceae. Tanaman Kaktus hidup di daerah yang kering dan tandus seperti gurun pasir, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang cukup lama tanpa disiram air dan kata jamak untuk kaktus adalah kakti. 

 

Tanaman satu ini juga memiliki banyak manfaat, apalagi bila kita menyimpan tanaman ini di dalam ruangan. manfaat tanaman kaktus yang pertama adalah dapat membantu penapasan karena tanaman kaktus dapat membantu membuang karbon dioksida yang merupakan sisa gas pernapasan dengan menyerapnya, kemudian mengubahnya menjadi sumber nutrisi bagi kaktus tersebut.

 

Selain itu, bila kaktus disimpan di dalam ruangan dapat melepaskan oksigen segar untuk kita bernapas terutama saat malam hari sehingga dapat sangat membantu meningkatkan kualitas tidur kita.

 

Dan Tanaman Kaktus ternyata banyak Jenisnya diantaranya :


1. Kaktus Pir Berduri

Jenis Kaktus Pir Berduri banyak tumbuh di daerah yang tandus. dan jenis kaktus ini memiliki beberapa variasi dan umumnya yang berasal dari negara India.

 

Kaktus Pir berduri sangat cocok bila diletakkan di halaman belakang rumah. Tanaman kaktus pir berduri bisa menghasilkan bunga berwarna kuning, merah atau ungu.


2. Old Lady Cactus

Tanaman Old Lady Cactus termasuk dalam keluarga mammillaria yang memiliki spesies kurang lebih 250 spesies. Jenis kaktus Old Lady Cactus ini mempunyai duri dan memiliki bunga yang berwarna ungu, biasanya bungakaktus ini tumbuh dimusim semi. 

 

Kaktus ini harus sering disiram setiap minggunya, dan Kaktus Old Lady sangat bagus bila disimpan didalam ruangan sebagai dekorasi ruangan.


3. Kaktus Saguaro

Kaktus Saguaro dapat tumbuh hingga empat ratus delapan puluh inci. kaktus ini biasanya sering ditanam di halaman belakang rumah dan dapat bertahan selama bertahun-tahun.

 

kaktus saguaro memiliki tampilannya yang klasik, kaktus ini berasal dari Gurun Sonora - Amerika Utara. Kaktus jenis ini juga membutuhkan banyak cahaya.


4. Kaktus Bintang

Kaktus bintang juga sering disebut sebagai Kaktus Landak Laut atau Kaktus Dolar Pasir. Kaktus bintang memiliki bentuk yang bundar, yang terbagi menjadi delapan irisan. Ditutupi dengan duri putih dan titik-titik kecil, kaktus ini akan hanya tumbuh berdiameter dua hingga enam inci.


5. Kaktus Bulan

Tanaman kaktus bulan bervariasi pada ukuran, bentuk dan warnanya. Jenis tanaman kaktus yang paling popular adalah kaktus hibotan yang berasal dari Amerika Selatan yang memiliki warna merah terang, merah muda dan kuning. Jenis tanaman kaktus ini dapat tumbuh di bawah pencahayaan yang sedang.


6. Barrel Cactus

Tanaman Jenis Barrel Cactus sering juga disebut dengan nama Kaktus Laras karena bentuknya, yang menyerupai lingkaran. Jenis kaktus ini dilapisi duri tajam pada seluruh permukaannya dan mempunyai banyak varietas.

 

Barrel cactus biasanya terdapat bunga yang sering mekar, biasanya mekar pada bulan Mei dan Juni. dan memiliki warna merah atau kuning.


7. Kaktus orangtua (Cephalocerius Senilis)



Kaktus ini sering disebut kaktus orangtua karena diseluruh bagian kaktus dipenuhi dengan bulu halus berwarna putih yang mirip seperti rambut kakek-kakek. tanaman kaktus hias jenis ini memiliki ketahanan yang baik tidak mudah layu, hanya membutuhkan sedikit penyiraman dan dapat tumbuh dengan baik.

 

Kaktus mini Cephalocereus senilis pun sangat bagus untuk ditempatkan di dalam ruangan seperti di pojok ruangan, jendela atau di rak dinding gantung.


LihatTutupKomentar