10 Masakan Khas Sulawesi Selatan enak yang perlu kamu coba

Masakan Khas Sulawesi Selatan

Tiap wilayah pasti mempunyai Masakan khasnya masing-masing. Jika kebetulan kamu bertandang ke Sulawesi Selatan, kemungkinan makanan pertama kali yang banyak direferensikan buat kamu ialah coto Makassar


Walau sebenarnya, banyak sekali makanan khas Sulawesi Selatan yang lainnya yang tidak kalah enak. Kurang lebih, apa saja makanan itu? Berikut makanan khas Sulawesi Selatan yang harus kamu nikmat dan kamu coba.


1. Coto Makassar

Masakan Khas Sulawesi Selatan - Coto Makassar

Makanan khas Sulawesi Selatan pertama pasti tidak lain ialah coto Makassar. Sesuai namanya, coto Makassar berawal dari Kota Makassar. Kota sebagai ibukota Sulawesi Selatan ini populer akan cotonya. 


Salah satunya cita-rasa ciri khas dari coto ini tidak lain karena daging sapi yang dipakainya cara memasaknya memalui proses pemasakan yang unik, yakni memakai air cucian beras. Walau banyak penjual coto Makassar di luar daerah itu, tetapi coto asli dari kota Makassar mempunyai cita-rasa orisinal tertentu.


2. Jalangkote

Masakan Khas Sulawesi Selatan-Jalangkote

Sepintas, makanan ini mempunyai bentuk seperti pastel. makanan ini jadi salah satunya jajan umum yang cukup terkenal dan gampang diketemukan. Bukan hanya serupa dari sisi wujud, isinya juga sepintas hampir serupa, yakni kentang, wortel, soun, dan daging. Umumnya, jalangkote dicicipi dengan cocolan sauce cuka yang digabung dengan cabe.


3. Sop Konro

Masakan Khas Sulawesi Selatan - sop karno

Sop ciri khas kota Makassar ini dibuat dari daging sapi yang telah direbus lama sampai teksturnya jadi benar-benar empuk. Keunikan lain dari sop ini yakni, warna kuahnya yang pekat dan wewangian rempah-rempah yang kuat. Sop konro biasa dicicipi dengan nasi hangat. Antiknya, ada variasi lain dari sop ini, yakni sop konro bakar.


4. Gogoso

Masakan Khas Sulawesi Selatan - Gogoso

Gogoso mempunyai wujud yang serupa dengan lemper bakar. Bahan yang dipakai juga tidak berbeda jauh, yakni ketan yang berisi daging. Gogoso diolah dengan dikukus, selanjutnya dibakar di atas baranya api.


5. Nasu Palekko

Masakan Khas Sulawesi Selatan - Nasu Palekko

Makanan khas Sulawesi Selatan seterusnya yakni nasi Palekko. Nasu palekko dibuat dari daging bebek, tetapi ada juga yang memakai daging sapi. Daging yang diolah dengan bumbu uniknya ini mempunyai struktur yang empuk dengan bumbu-bumbunya yang menyerap. Saat mencicipinya, kemungkinan kamu akan terpikir dengan salah satunya masakan ciri khas Padang, Sumatera Barat, yakni rendang.


6. Pisang Epe

Masakan Khas Sulawesi Selatan - Pisang Epe

Bukan hanya sajian khusus, banyak juga cemilan ciri khas Sulawesi Selatan yang harus kamu coba. Salah satunya makanan itu ialah pisang epe. Cemilan ini mempunyai langkah masak yang termasuk cukuplah unik.

Tipe pisang yang dipakai ialah pisang kepok masak. Selanjutnya, pisang ini akan dibakar dengan memakai tungku api. Kemudian, pisang itu akan dibelah dua dan dipipihkan. Seterusnya, pisang akan kembali dibakar sampai warna kecoklat-coklatan. Kemudian, pisang juga siap dihidangkan dengan siraman gula merah cair di atasnya.


7. Kapurung

Masakan Khas Sulawesi Selatan - Kapurung

Saat menyaksikan kapurung, kemungkinan kamu akan terpikir dengan makanan khas Papua, yakni papeda. Kapurung memang dibuat berbahan dasar sagu, tetapi dengan bermacam bahan tambahan yang lain seperti sayur dan daging. Sepintas, kuah makanan ini serupa seperti kuah gulai.


8. Mie Titi

Masakan Khas Sulawesi Selatan - Mie Titi

Makanan khas Sulawesi Selatan setelah itu mie titi. Mie ini memakai mie kering sebagai bahan intinya, selanjutnya dikasih ayam, jamur, udang, sawi, cumi, telur, wortel, dan taburan bawang goreng. Sepintas, mie ini serupa seperti capcay. Namun, ada kombinasi seafood didalamnya. Supaya lebih fresh, janganlah lupa untuk menambah perasan jeruk nipis di atasnya.


9. Sokko atau Songkolo

Masakan Khas Sulawesi Selatan - Sokko atau Songkolo

Makanan khas Sulawesi Selatan yang dibuat dari ketan hitam ini biasa dicicipi dengan taburan kelapa parut yang telah dibumbui awalnya. Umumnya, warga seputar nikmati sokko atau songkolo ini dengan cocolan sambal dan taburan ikan teri supaya berasa makin nikmat.


10. Es Pisang Ijo

Masakan Khas Sulawesi Selatan - Es Pisang Ijo

Jika yang ini, tentunya kamu pernah cobanya, kan? Es pisang ijo sebagai salah satunya kudapan fresh yang memakai bahan khusus buah pisang. Pisang diproses dengan dibalut memakai tepung warna hijau untuk selanjutnya dikukus dan dihidangkan bersama kuah santan kental. Di wilayah aslinya, es pisang ijo sebagai salah satunya menu favorite saat buka puasa.


Masakan khas Sulawesi Selatan menawarkan berbagai macam hidangan unik dan lezat yang patut dicoba. Dari Coto Makassar hingga Es Pisang Ijo, setiap hidangan memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi kelezatan kuliner lokal Sulawesi Selatan saat Anda berkunjung ke daerah ini. Selamat menikmati!

LihatTutupKomentar