10 Masakan Khas Bali yang mempunyai Resep Enak dan perlu kamu coba.

Bali sebagai tujuan favorite pelancong dalam negeri ataupun luar negeri. Daya pikat laut dan pantainya membuat Pulau Dewata tidak sepi dari turis. Tetapi, terkecuali itu pula, jenis kulineran yang juga unik dan nikmat dari Bali jadi daya magnet khusus.

Makanan Bali termasyhur dengan bumbunya yang kaya dan rasanya yang pedas. Beberapa sebagai favorite merupakan bebek goreng bumbu Bali, ayam betutu, dan nasi campur pedas.

Berikut himpunan rujukan makanan Bali yang nikmat dan dapat kamu peroleh ketuka bertandang ke sana.


1. Bebek Betutu

Bebek Betutu

Makanan unik Bali yang ini memanfaatkan daging bebek menjadi bahan penting. Rata-rata, kulineran ini kerap menjadi sasaran turis yang bertandang ke Bali. Bumbu yang dipakai dalam mengolah Bebek Betutu salah satunya bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe dan bumbu bermacam bumbu lain.

Bebek Betutu miliki rasa yang sedap dan empuk sebab pemanfaatan rempah yang kuat. Kekhasan dari bebek betutu merupakan proses mengolahnya yang memerlukan waktu sampai 7 jam. Ini membikin daging bebek serius empuk dan bumbunya teresap prima.


2. Sate Lilit

Sate Lilit

Sate lilit sebagai makanan unik Bali yang cukup unik. Bila rata-rata Anda menjumpai sate dengan daging yang ditusuk pada tangkai bambu, sate ini dililitkan pada tusuk yang gepeng. Bahan penting sate lilit rata-rata memanfaatkan daging ikan tengiri dan daging ayam.

Bumbu-bumbu yang dipakai pada sate lilit salah satunya jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah dan bermacam bumbu lain. Daging untuk sate rata-rata di giling sampai lembut kemudian di campur dengan bumbu-bumbu sebagaimana pada atas. Selesai dililitkan pada tangkai bambu, sate lalu dibakar sampai masak. Sate lilit sedap disuguhkan dengan nasi atau lontong.


3. Nasi jinggo

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo ini dapat dikatakan sama dengan nasi kucing. Nasinya cuman sebesar kepalan tangan orang dewasa, ditambahi dengan daging ayam suwir, mi goreng, dan tempe goreng. Yang amat unik merupakan sambalnya, super duper pedas. Kamu nggak akan kenyang kalaupun sekedar makan sebungkus.

Nasi jinggo juga di kenal dengan istilah nasi jenggo, hidangan ini sebagai nasi yang dibalut dengan daun pisang. Katanya makanan ini baru tampil saat kritis moneter pada 1997. Pada ketika itu suguhan nasi ini dipasarkan di harga Rp 1.500. Nominal 1.500 ke bahasa Hokkien dikatakan jeng go.


4. Serombotan

Serombotan

Serombotanbisa dikatakan sebagai suguhan serupa urap yang bahannya penting sayur. Pembedanya, sayur pada serombotan terbagi dalam bayam, kangkung, kacang panjang, buncis, tauge, terong bundar, dan pare.

Bumbunya pula unik Bali, salah satunya kunyit, kencur, lengkuas, dan bumbu kacang pedas. Serombotan dapat dimakan menjadi makanan sepinggan atau ditambahkan dengan nasi dan tipat.


5. Lawar

Lawar

Lawar sebagai makanan unik Bali, makanan ini sebagai paduan dari daging cincang dengan beragam sayur seperti kacang panjang yang diberikan bumbu parutan kelapa dan rempah-rempah. Pada intinya suguhan ini bahannya penting daging babi, tapi juga ada yang memanfaatkan daging bebek entog (kuwir) menjadi opsi lawar yang halal.

Berbagai macam lawar yang berada pada Bali, ada lawar merah dan lawar putih. Lawar merah penciptaannya menambahkan darah daging di susunan berbahan. Lawar kerap dicicip dengan nasi, sate lilit dan jukut ares.


6. Tum ayam

Tum Ayam

Daging ayam dicincang dan diberikan bumbu lalu dibalut dalam daun pisang dan dimatangkan. Suguhan ini merupakan lauk unik asal pulau Bali dan ternikmat dicicip bersama nasi hangat.


7. Rujak bulung dan kuah pindang

Rujak Bulung dan Kuah Pindang

Rujak satu ini unik, sebab rujak dari buah-buah disiram dengan kuah ikan tuna. Susunan isian rujak terbagi dalam rumput laut (bulung), mangga muda, bengkuang, kedondong yang dikasih kuah dengan rasa pedas. Itu mengapa lebih dikenali dengan rujak bulung, sebab didalamnya ada bulung atau rumput laut tipe boni.


8. Jukut ares

Jukut Ares

Makanan unik Bali ini bahannya baku dari pohon atau tangkai pisang muda (ares) mempunyai ukuran sebesar lengan orang dewasa. Tangkai pisang lalu dipotongi tipis dan diolah dengan base gede atau bumbu unik dari Pulau Dewata Bali.

Isinya pula ditambah lagi bahan lain yakni daging ayam, entog atau babi. Jukut Ares jadi kulineran halal Bali tergantung dari paduan bahan daging yang difungsikan.


9. Sambal Matah

Sambal Matah

Nah, untuk makanan yang ini umumnya dihidangkan dengan nasi campur. Bahkan juga karena sangat terkenalnya, saat ini banyak juga dihidangkan dengan macam makanan lain, terhitung Salted Egg Rice yang terkenal sekali tahun-tahun ini.

Yap, Sambal Matah memang sudah lebih dari sekedar sambal ciri khas bali, tapi sebagai salah satunya sambal paling populer di Indonesia! Kamu dapat dengan gampang mendapatinya di Bali khususnya saat nikmati Nasi Campur ciri khas Bali.


10. Sop Kepala Ikan

Sop Kepala Ikan

Satu kembali makanan Bali yang sesungguhnya bukan ciri khas Bali sekali tetapi karena ada satu lokasi yang mengagumkan terkenalnya, jadi harus dimasukin ke dalam perincian ini. Apalagi jika bukan lantaran reputasi Warung Mak Beng, tempat makan seafood yang populer sekali dengan sop kepala ikannya.

Berada di tempat Pantai Sanur, Warung Mak Beng memang harus didatangi jika kembali bermain-main ke Sanur. Coba ikan gorengnya dan sop kepala ikannya yang legendaris di sini, saat sebelum seberang ke Pulau Nusa Penida dari Sanur atau sesudah memburu beberapa foto sunrise di Pantai Sanur.

LihatTutupKomentar