10 Jenis Masakan Khas Nusantara yang Berasal dari Sumatera

ciri khas makanan sumatera

10 Jenis Masakan Nusantara yang Berasa dari Sumatera - Sebagai salah satu pulau yang berada di Indonesia, Sumatera tidak cuma kaya akan rekreasi alam dan kebudayaannya saja. Di lain sisi makanan ciri khas Sumatera mendominasi kulineran nusantara.


Kulineran dari Sumatera pada saat dihitung lumayan banyak dan unik-unik. Nikmati rekreasi kulineran di sumatra benar-benar asyik apa lagi bersama-sama dengan keluarga tersayang. Menurut kamu apa makanan ciri khas sumatera sebagai favourite.


Bertandang ke Sumatera benar-benar tidak akan terasa afdol bila tidak mencoba makanan ciri khas Sumatera yang populer dan sedap. Beraneka macam makanan ciri khas Sumatera cukup populer serta sampai ke warga dunia.


Bila kamu sebagai salah seseorang yang hoby travelling jadi tidak ada salahnya untuk memanjakan lidah dengan beberapa hidangan sedap dan nikmat dari Sumatera yang dianataranya :

1. Mie Aceh

ciri khas makanan sumatera

Makanan khas nusantara dari Aceh ini mempunyai struktur yang tebal dan digabung dengan potongan daging dan bumbu-bumbu rempah yang kuat. Mie Aceh umumnya dihidangkan dengan dimasak, direbus atau ditumis. Disamping itu bisa juga dihidangkan plus tambahan seafood seperti kepiting, udang dan cumi.


2. Rendang

ciri khas makanan sumatera

Makanan khas nusantara dari Sumatera Barat ini pernah dikukuhkan sebagai makanan terlezat dalam dunia. Makanan dari daging sapi yang diolah dengan santan kelapa dan bumbu rempah sepanjang beberapa jam ini demikian populer. Rasanya yang renyah dan nikmat, berhasil bikin makanan ciri khas wilayah Sumatera Barat ini demikian dicintai beberapa orang.


3. Bika Ambon

ciri khas makanan sumatera

Meskipun namanya Bika Ambon, tetapi makanan ini bukanlah berawal dari Ambon. Kue ini berawal dari Sumatera Utara dan umumnya banyak dipasarkan di Kota Medan sebagai oleh-olehan. Kue warna kuning ini mempunyai struktur yang halus dan manis.


4. Gulai Belacan

ciri khas makanan sumatera

Gulai Belacan sebagai makanan khas nusantara dari Riau. Belacan sebagai nama lain dari terasi yang demikian dikenali oleh orang Sumatera. Makanan ciri khas wilayah Riau ini dibikin berbahan dasar berbentuk kuah yang sudah digabung dengan terasi. Disamping itu ada juga daging, udang atau ikan.


5. Otak-otak

ciri khas makanan sumatera

Makanan khas nusantara yang lain berawal dari wilayah Kepulauan Riau, yakni otak-otak. Makanan tradisionil yang dibuat berbahan khusus seafood ini sebagai makanan hasil laut yang diproses dan dibuntel dengan daun pisang.


6. Gulai Ikan Patin

ciri khas makanan sumatera

Makanan khas nusantara dari Jambi ini mempunyai kekhasan dari langkah mengolahnya. Langkah mengolahnya digabung dengan daging buah durian yang telah terfermentasi atau umum disebutkan tempoyak. Tetapi kadang tempoyak dapat diganti dengan santan.


7. Pendap

ciri khas makanan sumatera

Pendap sebagai makanan ciri khas wilayah Bengkulu. Makanan ini memiliki bahan dasar ikan yang diberi bumbu dengan bumbu khusus yang beragam macam.


8. Pempek

ciri khas makanan sumatera

Makanan ciri khas wilayah Sumatera Selatan ini cukup populer dengan kesedapannya. Makanan ini dibuat dari olahan ikan yang digabung dengan sagu. Diperlengkapi dengan kuah cuko atau cuka yang demikian memikat hasrat membuat beberapa orang menyukainya.


9. Mie Bangka

ciri khas makanan sumatera

Makanan khas nusantara dari wilayah Bangka ini sudah pasti memiliki bahan dasar mi. Disajikan dengan menambahkannya dengan kuah yang dibuat dari bumbu ikan, udang, atau cumi, dan diberi dengan kecambah dan ketimun.


10. Seruit

ciri khas makanan sumatera

Seruit sebagai makanan khas nusantara yang dari Lampung. Makanan ini dibuat dari ikan yang dibakar dan dihidangkan dengan sambal terasi atau tempoyak atau mangga. Bila kamu sedang bertandang ke Lampung, tidak ada kelirunya untuk mencicip kulineran satu ini.


LihatTutupKomentar